Skip to main content

Perbedaan Nextcloud dan Owncloud

A.Pendahuluan
 Assalamu'alaikum wr wb

Seperti biasa saya akan membahas apa yang saya dapatkan hari ini yaitu tentang perbedaan nextcloud dan Owncloud.

B.Latar belakang
  Nextcloud dan Owncloud adalah sebuah software yang berfungsi untuk menyipan data secara online sama seperti dropbox, google drive.

C.Maksud dan Tujuan
 Untuk memahami perbedaan Nextcloud dan Ownlcloud.

D.Waktu yang di butuhkan
 40menit

E.Alat dan bahan
 Laptop dan Koneksi internet

F.Pembahasan

 Apa itu Nextcloud?


         Nextcloud adalah client server software yang menyediakan layanan mirip Dropbox, Google Drive atau juga iCloud. Anda bisa mengumpulkan sejumlah file Anda untuk bisa diakses dengan internet, dari mana pun Anda berada dan kapanpun Anda mau. Tak hanya itu, Anda juga bisa membagikan file tersebut ke teman-teman atau relasi Anda. Hal ini kerap disederhanakan menjadi istilah Cloud Storage. Tapi secara teknis, layanan satu ini tak cuma bisa melakukan itu saja.


Catatan:

        Mengapa orang-orang tak menyimpan file atau data mereka di flashdisk atau hardisk saja? Ada satu faktor penting yang menjadi pembeda, yaitu tingkat keamanan cloud storage yang bisa dibilang tinggi. Jadi, Anda tak perlu lagi khawatir tentang keamanan data Anda, bila sewaktu-waktu ada orang yang menyalin data dari hardisk Anda dan sebagainya.

         Cloud storage sendiri sebenarnya punya cara kerja yang simple. User/pengguna tinggal upload file dan folder mereka saja dari komputer atau device yang sudah terhubung dengan internet. Nantinya, jika Anda memerlukan data yang sudah Anda upload tersebut, Anda tinggal download lagi saja dari cloud storage itu. Pada umumnya, data yang sudah di-upload ke cloud storage ini telah dienskripsi dan cuma bisa diakses dengan user yang berhasil login.

Apa Itu Own cloud ?


          OwnCloud yang merupakan salah satu perangkat lunak berbagi berkas gratis dan bebas seperti Dropbox, menyediakan pengamanan yang baik, memiliki tata cara yang baik bagi pengguna aplikasi untuk membagi dan mengakses data yang secara lancar terintegrasi dengan perangkat teknologi informasi yang tujuannya mengamankan, melacak, dan melaporkan penggunaan data.

Sejarah Singkat

        Sederhananya, Nextcloud dibangun dari idealisme orang-orang yang pernah bekerja juga di ownCloud. Pada bulan April 2016 seseorang bernama Karlitschek dan beberapa rekan kerjanya yang merupakan kontributor utama lainnya meninggalkan ownCloud Inc.

        Suasana pada waktu itu mulai panas karena dipublikasikannya posting blog Karlitschek yang  mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis semacam, “Siapa yang memiliki komunitas? Siapa yang punya ownCloud sendiri? Dan mana sih yang lebih penting, uang jangka pendek atau tanggung jawab dan pertumbuhan jangka panjangnya?”.

        Memang belum ada suatu pernyataan resmi mengenai alasan untuk perubahan haluan yang dilakukan eks pekerja ownCloud tersebut. Namun, Karlitschek menyebutkan hal ini beberapa kali pada sebuah pembicaraan di konferensi FOSDEM 2018. Di konferensi tersebut, Ia menekankan ketidakcocokan budaya antara developer open source dengan orang-orang yang berorientasi bisnis. Mereka merasa ownCloud tidak benar-benar digunakan bagi komunitas open source itu sendiri.

Nextcloud VS Owncloud


        Telah cukup jelas bahwa ownCloud dan NextCloud di antara layanan cloud storage lainnya telah mempersempit pilihan bagi pasar. Lalu bagaimana persaingan antara kedua layanan tersebut? Tampaknya memang cukup jelas bahwa sejak awal, ketertarikan orng-orang pada NextCloud terus berkembang pesat dan sebenarnya lebih banyak volume pencariannya di mesin telusur Google bila dibandingkan dengan ownCloud.

         Dalam siaran pers di tahun 2018, Nextcloud mencatat bahwa mereka sudah berhasil raih “lebih dari 100 ribu unduhan aplikasi Collabora Nextc
F.Pembahasan
loud” untuk tahun 2017. Sementara itu, pada rilis press 2018 yang lainnya mereka mengklaim diri sudah punya lebih dari 35 karyawan dan juga lebih dari 100 pelanggan dan partner.

         OwnCloud, di sisi lain , dalam posting blog di awal tahun 2018 mengklaim bahwa mereka sudah punya 500 pelanggan dan bahwa mereka telah mempekerjakan 17 karyawan baru di tahun sebelumnya, 2017. Keduanya memang tampak tumbuh cepat, tapi bagaimana dengan aspek teknologi dan keamanan yang ditawarkan? Mari kita simak penjelasannya dari kedua aspek tersebut!

Teknologi

          Kedua layanan yang ditawarkan sama-sama dibangun dengan PHP dan telah mendukung SQLite atau MySQL/MariaDB. Prosedur instalasinya juga hampir sama untuk keduanya. Mengenai detailnya, Anda bisa mengunduh keduanya terlebih dahulu untuk benar-benar merasakan perbedaan dari fitur yang ada.

          Mengenai basis kode, keduanya bersifat publik dan Anda bisa saja melihat dengan lebih teliti apa-apa saja kemajuan yang sedang mereka buat bagi layanan yang ditawarkan. Jika Anda coba membandingkan grafik “commit activity” GitHub NextCloud dengan grafik “commit activity” ownCloud, Anda sebenarnya bisa juga melihat bahwa NextCloud punya komitmen yang bisa dibilang dua kali lebih besar dibandingkan kompetitornya, ownCloud.

          Tak hanya itu, jika Anda coba memeriksa “frekuensi kode” di grafik NextCloud dengan grafik “frekuensi kode” milik ownCloud, sudah cukup jelas bahwa sejak terpecahnya karyawan ownCloud di tahun 2016, tim kerja Nextcloud telah membuat lebih banyak pengembangan berbasis kode dibandingkan dengan tim dari ownCloud.

          Mereka bahkan juga sudah mempublikasikan beberapa rilis lebih dari satu tahun terakhir dibandingkan dengan ownCloud. Mengingat bahwa kedua brand ternama itu sebenarnya mulai dari basis kode yang sama persis sebelum ownCloud bercabang, ini seharusnya memberi Anda satu pencerahan soal yang mana yang lebih bagus untuk Anda gunakan.

Keamanan

        Tim dari Nextcloud mengklaim diri telah banyak berinvestasi dalam meningkatkan keamanan bagi produk/layanan mereka. Dalam bidang apa saja? Contohnya seperti penanganan password yang lebih baik lagi, perlindungan terhadap brute force, pembatasan laju, integrasi dengan berbagai metode otentikasi dari perusahaan, CSP dan masih banyak lagi yang lainnya.

         Nextcloud sebenarnya juga sudah bekerjasama dengan tools publik bernama Security Scan Tool yang bisa melakukan scan terhadap layanannya.

  Fitur Owncloud

     *   Akses, Sinkronkan dan Bagikan Data Anda, Di bawah Kontrol Anda!
     *   Akses semua hal yang Anda pedulikan
     *   Bisa Mengakses Data Anda dimana anda Berada
     *   Berbagi file dengan siapapun sesuai keinginan anda
     *   Kalender
     *   Kontak
     *   Edit File anda sesuai keinginan anda dan dimana saja
     *   Umpan Aktivitas & Notifikasi
     *   file sebelumnya yang Anda modifikasi dipertahankan dan dapat dibawa    kembali
     *   Play Musik & Video
     *   Simpan Kata Sandi

 Fitur Nextcloud

     *   Nextcloud memberi Anda akses ke semua file Anda dimanapun Anda berada.
     *   Bagikan file dengan orang lain sesuai persyaratan Anda.
     *   Keamanan
     *   manajemen alur kerja
     *   Melacak perubahan pada file Anda
     *   Pemantauan server Nextcloud Anda
     *   Client Mobile Dan Desktop
     *   Penyimpanan eksternal, aman dienkripsi
     *   Kalender
     *   Kontak
     *   Amankan panggilan audio dan video
     *   Melihat dan mengedit dokumen dengan Collabora

     *   Tambahkan lebih banyak fitur lewat Apps Nextcloud

G.Kesimpulan
 Jadi Untuk fungsi nextcloud dan Owncloud adalah untuk penyimpanan Online, jadi kita tidak perlu memakai hardisk atau flashdisk.




I.Hasil yang di dapat
 Dapat mengetahui perbedaan Nextcloud dan Owncloud



J.Referensi

https://nextcloud.com/features/ 
https://owncloud.org/features/
https://id.wikipedia.org/wiki/OwnCloud
https://en.wikipedia.org/wiki/Nextcloud






Sekian pembahasan dari saya mohon maaf apabila banyak kesalahan


Wassalamu'alaikum wr wb

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu VTP??

A.Pendahuluan  Assalamu'alikum wr wb Seperti biasa saya akan membahas apa yang saya dapatkan hari ini yaitu tentang VTP. B.Latar belakang  Dengan VTP inikita bisa menghubungkan 2 VLAN yang berbeda Switch, tetapi masih tidak bisa terhubung antara VLAN ke VLAN yang lainnya. C.Maksud dan Tujuan  Memahami VTP. E.Alat dan bahan  Laptop dan jaringan internet F.Pembahasan VTP (VLAN Trunking Protocol) VTP (adalah) berguna untuk mengelola semua VLAN yang telah dikonfigurasi pada sebuah internetwork switch dan menjaga konsistensi diseluruh network tersebut. jenis jenis vtp  VTP Server VTP server adalah Switch yang dikonfigurasikan sebagai switch utama (gambar SW0) yang akan memberikan hasil konfigurasi switch ke switch lain yang menjadi VTP Client (SW1), sehingga SW1 tidak harus mengkonfigurasikan sendiri switch tersebut. Yang perlu dilakukan SW1 adalah menerima hasil konfigurasi dari VTP Server dan menyimpanya di NVRAM.  VTP Client VTP Client adalah switch in

Mengenal Bagian Bagian Domain

A.Pendahuluan  Assalamu'alaikum wr wb Seperti biasa saya akan membahas apa yang saya dapatkan hari ini yaitu tentang bagian bagian domain. B.Latarbelakang  Dalam mengakses suatu web dalam internet, diperlukan alamat ip address. karena orang sulit untuk menghafal ip address maka dibuatlah domain untuk mempermudah mengingat suatu alamat. C.Maksud dan Tujuan  Agar tau bagian bagian Domain D.Waktu yang di butuhkan  20 Menit E.Alat dan bahan  Laptop dan Koneksi Internet F.Pembahasan  Domain adalah penulisan alamat yang menggunkan teks sehingga mudah di hafal oleh pengguna internet, domain juga memiliki banyak jenis nya.Untuk jenis jenisnya sebagai berikut :     .org : domain yang digunakan untuk suatu organisasi     .co.id : domain yang terdapat di negara indonesia     .edu : domain yang berisi tentang pendidikan atau edukasi     .com : domain komersial     .info : domain yang artikelnya berisi tentang informasi atau berita     .gov : domain yang terdapat p

Mengenal BASH dan ZSH

A.Pendahuluan   Assalamu'alaikum wr wb Seperi biasa saya akan membahasa apa yang saya dapatkan hari ini yaitu tentang BASH dan ZSH. B.Latar belakang  Bash adalah singkatan dari Bourne Again SHell, versi baru dari Bourne Shell yang dikembangkan oleh Steve Bourne. Bash ini adalah shell yang paling umum digunakan pengguna Linux. Z shell (Zsh) adalah sebuah Unix shell yang dapat digunakan sebagai login shell yang interaktif dan sebagai penerjemah perintah yang kuat untuk shell scripting. Zsh adalah Bourne shell yang disempurnakan dengan sejumlah besar perbaikan, termasuk penambahan beberapa fitur dari Bash, ksh, dan tcsh C.Maksud dan Tujuan  Untuk memahami BASH dan ZSH D.Waktu yang di butuhkan  20 Menit E.Alat dan Bahan  Laptop dan koneksi internet F.Pembahasan Apa Itu BASH ? Bash adalah singkatan dari Bourne Again SHell, versi baru dari Bourne Shell yang dikembangkan oleh Steve Bourne. Bash ini adalah shell yang paling umum digunakan pengguna Linux. Shell adalah