Skip to main content

Mengenal BASH dan ZSH


A.Pendahuluan 
 Assalamu'alaikum wr wb

Seperi biasa saya akan membahasa apa yang saya dapatkan hari ini yaitu tentang BASH dan ZSH.

B.Latar belakang
 Bash adalah singkatan dari Bourne Again SHell, versi baru dari Bourne Shell yang dikembangkan oleh Steve Bourne. Bash ini adalah shell yang paling umum digunakan pengguna Linux.
Z shell (Zsh) adalah sebuah Unix shell yang dapat digunakan sebagai login shell yang interaktif dan sebagai penerjemah perintah yang kuat untuk shell scripting. Zsh adalah Bourne shell yang disempurnakan dengan sejumlah besar perbaikan, termasuk penambahan beberapa fitur dari Bash, ksh, dan tcsh

C.Maksud dan Tujuan
 Untuk memahami BASH dan ZSH

D.Waktu yang di butuhkan
 20 Menit

E.Alat dan Bahan
 Laptop dan koneksi internet

F.Pembahasan

Apa Itu BASH ?

Bash adalah singkatan dari Bourne Again SHell, versi baru dari Bourne Shell yang dikembangkan oleh Steve Bourne. Bash ini adalah shell yang paling umum digunakan pengguna Linux. Shell adalah program yang menjadi jembatan antara perintah yang dimasukkan user melalui input dari keyboard dengan sistem operasi untuk melakukan perintah yang dimasukkan user tersebut. Sekarang ini, program seperti shell ini sudah tergantikan oleh user interface yang lebih mudah digunakan.

Apa Itu ZSH ?

Z shell (Zsh) adalah sebuah Unix shell yang dapat digunakan sebagai login shell yang interaktif dan sebagai penerjemah perintah yang kuat untuk shell scripting. Zsh adalah Bourne shell yang disempurnakan dengan sejumlah besar perbaikan, termasuk penambahan beberapa fitur dari Bash, ksh, dan tcsh.


Perbedaan BASH dan ZSH


  •     Pada Bash, kalau kita mengetik cd Spasi Tab (perintah cd lalu spasi) maka yang muncul adalah daftar direktori saja. Sedangkan pada Z Shell, setelah menekan Tab akan muncul completion untuk direktori yang ada atau tersedia, tekan Tab lagi maka direktorinya beda lagi, dan seterusnya sampai rekomendasi direktorinya habis.
  •     Bash jika kita salah mengetikkan perintah yg salah maka akan muncul pesan perintah tidak ada atau harus menginstall perintah tersebut misalnnya perintah gitt yg seharusnya git. Kalau pada Z Shell akan muncul pesan seperti dibawah ini cukup tekan y perintah typo atau salah ketik tadi langsung diperbaiki.
  •     kalau pada Bash untuk masuk ke folder misalnya /usr/share/applications maka harus ditulis lengkap atau menekan funsi Tab 2x. Misalnya cd Spasi /us Tab maka muncul /usr, kemudian /usr/sh tekan Tab maka muncul /usr/share dan seterusnya. Berbeda dengan Z Shell ketik cd /u/s/app tekan Tab maka akan otomatis masuk ke folder /usr/share/applications dengan mendeteksi huruf awal setiap folder yang tersedia.
G.Hasil yang di dapatkan
 Dapat mengetahui apa itu BASH dan ZSH

H.Kesimpulan
 BASH dan ZSH itu adalah shell pada linux.

I.Referensi
https://www.gnu.org/software/bash/
http://www.zsh.org/

Sekian pembahasan dari saya mohon maaf apabila banyak kesalahan

Wassalamu'alaikum wr wb

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu VTP??

A.Pendahuluan  Assalamu'alikum wr wb Seperti biasa saya akan membahas apa yang saya dapatkan hari ini yaitu tentang VTP. B.Latar belakang  Dengan VTP inikita bisa menghubungkan 2 VLAN yang berbeda Switch, tetapi masih tidak bisa terhubung antara VLAN ke VLAN yang lainnya. C.Maksud dan Tujuan  Memahami VTP. E.Alat dan bahan  Laptop dan jaringan internet F.Pembahasan VTP (VLAN Trunking Protocol) VTP (adalah) berguna untuk mengelola semua VLAN yang telah dikonfigurasi pada sebuah internetwork switch dan menjaga konsistensi diseluruh network tersebut. jenis jenis vtp  VTP Server VTP server adalah Switch yang dikonfigurasikan sebagai switch utama (gambar SW0) yang akan memberikan hasil konfigurasi switch ke switch lain yang menjadi VTP Client (SW1), sehingga SW1 tidak harus mengkonfigurasikan sendiri switch tersebut. Yang perlu dilakukan SW1 adalah menerima hasil konfigurasi dari VTP Server dan menyimpanya di NVRAM.  VTP Client VTP Client adalah switch in

Mengenal Bagian Bagian Domain

A.Pendahuluan  Assalamu'alaikum wr wb Seperti biasa saya akan membahas apa yang saya dapatkan hari ini yaitu tentang bagian bagian domain. B.Latarbelakang  Dalam mengakses suatu web dalam internet, diperlukan alamat ip address. karena orang sulit untuk menghafal ip address maka dibuatlah domain untuk mempermudah mengingat suatu alamat. C.Maksud dan Tujuan  Agar tau bagian bagian Domain D.Waktu yang di butuhkan  20 Menit E.Alat dan bahan  Laptop dan Koneksi Internet F.Pembahasan  Domain adalah penulisan alamat yang menggunkan teks sehingga mudah di hafal oleh pengguna internet, domain juga memiliki banyak jenis nya.Untuk jenis jenisnya sebagai berikut :     .org : domain yang digunakan untuk suatu organisasi     .co.id : domain yang terdapat di negara indonesia     .edu : domain yang berisi tentang pendidikan atau edukasi     .com : domain komersial     .info : domain yang artikelnya berisi tentang informasi atau berita     .gov : domain yang terdapat p