Skip to main content

Pengertian Slims dan fungsinya

A.Pendahuluan
 Assalamu''alaikum wr wb

Seperti biasa saya akan membahas apa yang saya dapatkan hari ini yaitu tentang pengertian slims dan fungsinya.

B.Latar belakang
 Karena masih banyak yang belum mengetahui apa itu Slims.

C.Maksud dan Tujuan
 Mengenal Slims.

D.Waktu yang dii butuhkan
 40 Menit.

E.Alat dan bahan
 Laptop dan Koneksi internet

F.Pembahasan

 Senayan, atau lengkapnya Senayan Library Management System (SLiMS), adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3.

    Aplikasi web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan pengontrol versi Git. Di pertengahan tahun 2006. Waktu itu, para pengelola Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional di Jakarta tengah mengalami kebingungan dikarenakan program manajemen perpustakaan Alice habis masa pakainya.

     Alice adalah perangkat lunak bikinan Softlink sumbangan Pusat Kebudayaan Inggris, British Council yang telah selama bertahun-tahun menjadi andalan layanan BC di Indonesia. Pengelola BC Indonesia kemudian berinisiatif untuk menghibahkan pengelolaan aset perpustakaanya ke tangan institusi pemerintah. Dalam hal ini, institusi pemerintah yang dianggap sesuai bidangnya dan strategis tempatnya, adalah Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).   Yang dihibahkan tidak hanya koleksi, tetapi juga rak koleksi, hardware (server dan workstation) serta sistem termasuk untuk aplikasi manajemen administrasi perpustakaan (Alice).

       Seiring dengan berjalannya waktu, manajemen Perpustakaan Depdiknas mulai menghadapi beberapa kendala dalam penggunaan sistem Alice. Pertama, keterbatasan dalam menambahkan fitur-fitur baru. Antara lain: kebutuhan manajemen serial, meng-online-kan katalog di web dan kustomisasi report yang sering berubah-ubah kebutuhannya. Penambahan fitur jika harus meminta modul resmi dari developer Alice, berarti membutuhkan dana tambahan yang tidak kecil. Apalagi tidak ada distributor resminya di Indonesia sehingga harus mengharapkan support dari Inggris.

Fitur - fitur dalam CMS Slims :

 1. Cataloging Module

      Fitur untuk membuat, mengedit, dan menghapus data bibliografi sesuai dengan standar deskripsi biliografi.Mendukung pengelolaan koleksi dalam berbagai macam format seperti monograph, terbitan berseri, audio visual, dsb. Mendukung penyimpanan data bibliografi dari situs di Internet. Mendukung penggunaan Barcode. Manajemen item koleksi untuk dokumen dengan banyak kopi dan format yang berbeda. Pengelolaan koleksi yang hilang, dalam perbaikan, dan rusak serta pencatatan statusnya untuk dilakukan pergantian/perbaikan terhadap koleksi.

2. Modul Penelusuran (OPAC/Online Public Access catalog Module)

      Mendukung akses OPAC melalui peralatan portabel (mobile device). Menampilkan informasi lengkap tetang status koleksi di perpustakaan, tanggal pengembalian, dan pemesanan item/koleksi. Juga tersedia detil informasi juga menampilkan gambar sampul buku, lampiran dalam format elektronik yang tersedia (jika ada) serta fasilitas menampilkan koleksi audio dan visual. Menyediakan hyperlink tambahan untuk pencarian lanjutan berdasarkan penulis, dan subjek.

3. Modul Sirkulasi (Circulation Module).

    Mampu memproses peminjaman dan pengembalian koleksi secara efisien, efektif, dan aman. Mendukung fitur reservasi koleksi yang sedang dipinjam, termasuk reminder/pemberitahuan-nya. Mendukung fitur manajemen denda. Dilengkapi fleksibilitas untuk pemakai membayar denda secara cicilan. Mendukung fitur reminder untuk berbagai keperluan seperti melakukan black list terhadap pemakai yang bermasalah atau habis keanggotaannya. Mendukung fitur pengkalenderan (calendaring) untuk diintegrasikan dengan penghitungan masa peminjaman, denda, dan lain-lain.

   Memungkinkan penentuan hari-hari libur non-standar yang spesifik. Dukungan terhadap ragam jenis tipe pemakai dengan masa pinjam beragam untuk berbagai jenis keanggotaan. Menyimpan histori peminjaman anggota. Mendukung pembuatan peraturan peminjaman yang sangat rinci dengan mengkombinasikan parameter keanggotaan, jenis koleksi, dan gmd selain aturan peminjaman standar berdasarkan jenis keanggotaan.

4. Modul Manajemen Keanggotaan (Membership Management Module).

   Memungkinkan beragam tipe pemakai dengan ragam jenis kategori peminjaman, ragam jenis keanggotaan dan pembedaan setiap layanan sirkulasi dalam jumlah koleksi serta lama peminjaman untuk jenis koleksi untuk setiap jenis/kategori. Dukungan terhadap input menggunakan barcode reader. Memungkinkan untuk menyimpan informasi preferensi pemakai atau subject interest. Memungkinkan untuk menyimpan informasi tambahan untuk keperluan reminder pada saat transaksi. Memungkinkan menyimpan informasi detail pemakai yang lebih lengkap. Pencarian informasi anggota minimal berdasarkan nomor dan nama anggota. Pembuatan kartu anggota yang dilengkapi dengan barcode untuk transaksi peminjaman.

5. Modul Inventarisasi Koleksi (Stocktaking Module)

Meliputi pelaporan untuk semua modul-modul yang tersedia di Senayan, diantaranya:
- Laporan Judul.
- Laporan Items/Kopi koleksi.
- Laporan Keanggotaan.
- Laporan jumlah koleksi berdasarkan klasifikasi.
- Laporan Keterlambatan.
- Berbagai macam statistik seperti statistik koleksi, peminjaman, keanggotaan, keterpakaian koleksi.
- Tampilan laporan yang sudah didesain printer-friendly, sehingga memudahkan untuk dicetak.
- Filter data yang lengkap untuk setiap laporan.
- API untuk pelaporan yang relatif mudah dipelajari untuk membuat custom report baru.

6. Modul Manajemen Terbitan Berseri (Serial Control)

- Manajemen data langganan.
- Manajemen data Kardex.
- Manajemen tracking data terbitan yang akan terbit dan yang sudah ada.
- Memungkinkan tracking data terbitan berseri yang jadwal terbitnya tidak teratur.
 
Sejarah Pengembangan


Senayan pertamakali digunakan di Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional. Pengembangan Senayan dilakukan oleh SDC (Senayan Developers Community). Di koordinir oleh Hendro Wicaksono, dengan Programmer Arie Nugraha, Wardiyono. Sementara dokumentasi dikerjakan oleh Purwoko, Sulfan Zayd, M Rasyid Ridho, Arif Syamsudin. Pada Januari 2012, developer SLiMS bertambah 2 orang, yaitu: Indra Sutriadi Pipii (GOrontalo) dan Eddy Subratha (Jogjakarta). Selain itu, ada pula programmer Tobias Zeumer , dan Jhon Urrego Felipe Meji.

Berikut adalah keuntungan dan kelemahan menggunakan CMS Slims :

1. Senayan dapat diperoleh dan digunakan secara gratis
2. Mampu memenuhi kebutuhan otomasi perpustakaan
3. Senayan dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman interpreter
4. Senayan dikembangankan oleh sumber daya manusia lokal
5. Instalasi Mudah dilakukan
6. Mampu berjalan di sistem operasi linux maupun windows.
7. Memiliki dokumentasi yang lengkap
8. Memiliki prospek pengembangan yang jelas
9. Memiliki forum komunikasi antara pengguna dan pengembang
10. Kompatibilitas web browser
11. Otoritas akses file

G.Kesimpulan
  Senayan Library Management System (SLiMS), adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3.

H.Hasil yang di dapat
 Dapat mengetahui slims

I.Referensi
 Wikipedia

Sekian pembahasan dari saya, mohon maaf apabila banyak kesalahan

Wassalamu'alaikum

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu VTP??

A.Pendahuluan  Assalamu'alikum wr wb Seperti biasa saya akan membahas apa yang saya dapatkan hari ini yaitu tentang VTP. B.Latar belakang  Dengan VTP inikita bisa menghubungkan 2 VLAN yang berbeda Switch, tetapi masih tidak bisa terhubung antara VLAN ke VLAN yang lainnya. C.Maksud dan Tujuan  Memahami VTP. E.Alat dan bahan  Laptop dan jaringan internet F.Pembahasan VTP (VLAN Trunking Protocol) VTP (adalah) berguna untuk mengelola semua VLAN yang telah dikonfigurasi pada sebuah internetwork switch dan menjaga konsistensi diseluruh network tersebut. jenis jenis vtp  VTP Server VTP server adalah Switch yang dikonfigurasikan sebagai switch utama (gambar SW0) yang akan memberikan hasil konfigurasi switch ke switch lain yang menjadi VTP Client (SW1), sehingga SW1 tidak harus mengkonfigurasikan sendiri switch tersebut. Yang perlu dilakukan SW1 adalah menerima hasil konfigurasi dari VTP Server dan menyimpanya di NVRAM.  VTP Client VTP Client adalah switch in

Mengenal Bagian Bagian Domain

A.Pendahuluan  Assalamu'alaikum wr wb Seperti biasa saya akan membahas apa yang saya dapatkan hari ini yaitu tentang bagian bagian domain. B.Latarbelakang  Dalam mengakses suatu web dalam internet, diperlukan alamat ip address. karena orang sulit untuk menghafal ip address maka dibuatlah domain untuk mempermudah mengingat suatu alamat. C.Maksud dan Tujuan  Agar tau bagian bagian Domain D.Waktu yang di butuhkan  20 Menit E.Alat dan bahan  Laptop dan Koneksi Internet F.Pembahasan  Domain adalah penulisan alamat yang menggunkan teks sehingga mudah di hafal oleh pengguna internet, domain juga memiliki banyak jenis nya.Untuk jenis jenisnya sebagai berikut :     .org : domain yang digunakan untuk suatu organisasi     .co.id : domain yang terdapat di negara indonesia     .edu : domain yang berisi tentang pendidikan atau edukasi     .com : domain komersial     .info : domain yang artikelnya berisi tentang informasi atau berita     .gov : domain yang terdapat p

Mengenal BASH dan ZSH

A.Pendahuluan   Assalamu'alaikum wr wb Seperi biasa saya akan membahasa apa yang saya dapatkan hari ini yaitu tentang BASH dan ZSH. B.Latar belakang  Bash adalah singkatan dari Bourne Again SHell, versi baru dari Bourne Shell yang dikembangkan oleh Steve Bourne. Bash ini adalah shell yang paling umum digunakan pengguna Linux. Z shell (Zsh) adalah sebuah Unix shell yang dapat digunakan sebagai login shell yang interaktif dan sebagai penerjemah perintah yang kuat untuk shell scripting. Zsh adalah Bourne shell yang disempurnakan dengan sejumlah besar perbaikan, termasuk penambahan beberapa fitur dari Bash, ksh, dan tcsh C.Maksud dan Tujuan  Untuk memahami BASH dan ZSH D.Waktu yang di butuhkan  20 Menit E.Alat dan Bahan  Laptop dan koneksi internet F.Pembahasan Apa Itu BASH ? Bash adalah singkatan dari Bourne Again SHell, versi baru dari Bourne Shell yang dikembangkan oleh Steve Bourne. Bash ini adalah shell yang paling umum digunakan pengguna Linux. Shell adalah