Skip to main content

Apa itu VTP??



A.Pendahuluan
 Assalamu'alikum wr wb

Seperti biasa saya akan membahas apa yang saya dapatkan hari ini yaitu tentang VTP.

B.Latar belakang
 Dengan VTP inikita bisa menghubungkan 2 VLAN yang berbeda Switch, tetapi masih tidak bisa terhubung antara VLAN ke VLAN yang lainnya.

C.Maksud dan Tujuan
 Memahami VTP.

E.Alat dan bahan
 Laptop dan jaringan internet

F.Pembahasan


VTP (VLAN Trunking Protocol) VTP (adalah) berguna untuk mengelola semua VLAN yang telah dikonfigurasi pada sebuah internetwork switch dan menjaga konsistensi diseluruh network tersebut.

jenis jenis vtp

 VTP Server

VTP server adalah Switch yang dikonfigurasikan sebagai switch utama (gambar SW0) yang akan memberikan hasil konfigurasi switch ke switch lain yang menjadi VTP Client (SW1), sehingga SW1 tidak harus mengkonfigurasikan sendiri switch tersebut. Yang perlu dilakukan SW1 adalah menerima hasil konfigurasi dari VTP Server dan menyimpanya di NVRAM.

 VTP Client

VTP Client adalah switch ini hanya sebagai switch yang bekerja menerima hasil konfigurasi switch dari switch yang dikonfigurasikan sebagai VTP Server. Oleh sebab itu VTP client hanya memiliki akses read only terhadap hasil konfigurasi dari VTP server. Artinya switch tersebut tidak dapat memodifikasi hasil konfigurasi VLAN pada switch (SW0). Akan tetapi akses pengirman data tetap dapat dilakukan ke SW1 melalui port trunk.
3. VTP Transparent
VTP Transparent adalah switch yang tidak memberikan hasil konfigurasi switchnya ke switch lain, tetapi switch tersebut tetap dapat melakukan pengirman data melalui port trunk.


VTP Domain

Terdiri dari satu atau lebih banyak switch yang saling terhubung. Semua switch berada dalam domain yang berbagi Informasi konfigurasi VLAN menggunakan VTP adverstisement.

VTP Advertisement

VTP yang digunakan secara hierarki dalam design jaringan untuk mendistribusikan dan sinkronisasi konfigurasi VLAN melalui jaringan.

VTP Modes

Sebuah switch yang dapat dikonfigurasi dalam 3 mode : server, client dan transparent

 VTP Pruning

VTP pruning digunakan untuk meningkatkan ketersediaan bandwidth pada jaringan melalui membatasi flood traffic ke salah satu trunk link dimana traffic harus dijangkau sampai perangkat tujuan.


VTP (VLAN Trunking Protocol) VTP (adalah) berguna untuk mengelola semua VLAN yang telah dikonfigurasi pada sebuah internetwork switch dan menjaga konsistensi diseluruh network tersebut.

Trunking adalah sebuah konsep dimana sistem komunikasi dapat menyediakan akses jaringan untuk banyak client dengan berbagi satu set garis atau frekuensi, tidak memberikan secara individu.

Trunk adalah link point-to point diantara satu atau lebih interface ethernet device jaringan seperti router atau switch. Trunk Ethernet membawa lalu lintas dari banyak VLAN melalui link tunggal. Sebuah VLAN trunk mengijinkan kita untuk memperluas VLAN melalui seluruh jaringan


Access Control List adalah pengelompokan paket berdasarkan kategori. Access Control list bisa sangat membantu ketika membutuhkan pengontrolan dalam lalu lintas network. Access Control list menjadi tools pilihan untuk pengambilan keputusan pada situasi ini.

Sistem Radio Trunking atau Radio Trunking secara umum merupakan sistem radio yang berbasis repeater untuk satu atau lebih menara dengan menggunkanan lebih dari satu frekuensi dimana pengguna secara semi-privat dapat memiliki kanal tersendiri untuk melakukan pembicaraan secara grup.

keuntuang VTP

1. mempermudah konfigurasi LAN
2. efesien tenaga waktu
3. konfigurasi vlan yang konsisten di semua switch
4. data base vlan dan monitoring vlan lebih akurat
5. menambahkan vlan secara plug and play
6. mengurangi kesalahan manusia

G.Kesimpulan
 Sebelum kita konfigurasi tentunya kita harus memhami ini dulu


H.Rerensi
-

 Sekian pembahasan dari saya mohon maaf apabila banyak kesalahan

Wassalamu'alaikum wr wb

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Bagian Bagian Domain

A.Pendahuluan  Assalamu'alaikum wr wb Seperti biasa saya akan membahas apa yang saya dapatkan hari ini yaitu tentang bagian bagian domain. B.Latarbelakang  Dalam mengakses suatu web dalam internet, diperlukan alamat ip address. karena orang sulit untuk menghafal ip address maka dibuatlah domain untuk mempermudah mengingat suatu alamat. C.Maksud dan Tujuan  Agar tau bagian bagian Domain D.Waktu yang di butuhkan  20 Menit E.Alat dan bahan  Laptop dan Koneksi Internet F.Pembahasan  Domain adalah penulisan alamat yang menggunkan teks sehingga mudah di hafal oleh pengguna internet, domain juga memiliki banyak jenis nya.Untuk jenis jenisnya sebagai berikut :     .org : domain yang digunakan untuk suatu organisasi     .co.id : domain yang terdapat di negara indonesia     .edu : domain yang berisi tentang pendidikan atau edukasi     .com : domain komersial     .info : domain yang artikelnya berisi tentang informasi atau berita     .gov : domain yang terdapat p

Mengenal BASH dan ZSH

A.Pendahuluan   Assalamu'alaikum wr wb Seperi biasa saya akan membahasa apa yang saya dapatkan hari ini yaitu tentang BASH dan ZSH. B.Latar belakang  Bash adalah singkatan dari Bourne Again SHell, versi baru dari Bourne Shell yang dikembangkan oleh Steve Bourne. Bash ini adalah shell yang paling umum digunakan pengguna Linux. Z shell (Zsh) adalah sebuah Unix shell yang dapat digunakan sebagai login shell yang interaktif dan sebagai penerjemah perintah yang kuat untuk shell scripting. Zsh adalah Bourne shell yang disempurnakan dengan sejumlah besar perbaikan, termasuk penambahan beberapa fitur dari Bash, ksh, dan tcsh C.Maksud dan Tujuan  Untuk memahami BASH dan ZSH D.Waktu yang di butuhkan  20 Menit E.Alat dan Bahan  Laptop dan koneksi internet F.Pembahasan Apa Itu BASH ? Bash adalah singkatan dari Bourne Again SHell, versi baru dari Bourne Shell yang dikembangkan oleh Steve Bourne. Bash ini adalah shell yang paling umum digunakan pengguna Linux. Shell adalah