Assalamu’alaikum
Wr.Wb
*Pendahuluan
Allhamdulillah
kembali lagi dengan saya Rifqi Priyadi,seperti biasa kali ini saya
akan sharing tentang Standar Operasional Prosedur (SOP)
*Latar belakang
Dengan adanya adanya
SOP perkerja dapat menyelesaikan tugasnya dengan terarah,dan agar
pekerja lebih konsisten dalam pekerjaan.
*Hasil yang di
dapatkan
saya dapat memahami
SOP
*Pembahasan
A.Pengertian SOP
(Standar Operating Prosedur)
SOP adalah
srangkaian intruksi kerja yang tertulis yang di bakukan mengenai
proses penyelenggaraan administrasi perusahaan,bgaimana dan kapan
harus di lakukan dan dimana oleh siapa dilakukan.
SOP juga dapat
dikatakan sebagai acuan atau pedoman untuk melakukan pekerjaan atau
tugasnya sesuaai dengan fungsi dan alar penilaian kinerja para
karyawan sesuai indikator-indikator administrasi,teknik dan
prosedural berdasrkan tata kerja,sistem kerja dan prosedur kerja pada
unit kerja yang berkaitan.
Tujuan Standar
Operasional Prosedur (SOP)
secara umum SOP
bertujuan untuk:
-Agar petugas
(pegawai) menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai
atau tim dalam organisai atau unit kerja.
-Agar mengetahui
dengan jelas peran dan fungsi peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam
organisasi.
-Memperluas alur
tugas,wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.
-Melindungi
organisasi (unit) kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau
kesalahan administrasi lainnya.
-Untuk menghindari
kegagalan atau kesalahan,keraguan,duplikasi dan inefisiensi
Fungsi Standar
Operasionsl Prosedur
-Memperlancar tugas
petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
-Sebagai dasar hukum
bila terjadi penyimpangan
-Mengetahui dengan
jelas hambatan hambatannya dan mudah di lacak
-Menarahkan
petugas/pegawai untuk sama sama disiplin dalam bekerja
-Sebagai pedoman
dalam melaksanakan pekerjaan rutin
Manfaat dan
kegunaan Standar Oerasional Prosedur (SOP)
-SOP yang baik akan
menjadi pedoman bagi pelaksana,menjadi alat komunikasi dan pengawasan
dan menjadikan pekerjaan diselesaikan secara konsisten
-Para pegawai akan
lebih memiliki percaya diri dalam bekerja dan tahu apa yyang harus di
capai dalam setiap pekerjaan
-SOP juga bisa
digunakan sebagai salah sattu alat training dan bisa digunakan untuk
mengukur dalam setiap pekerjaan
-SOP juga bisa
digunakan sebagai salah sattu alat training dan bisa digunakan untuk
mengukur kinerja pegawai.
*Kesimpulan
SOP adalah suatu aturan yang harus di adakan si setiap
perusahaan,untuk kepentingan pekerjaan yang dilakukan oleh
pekerja/pegawai
*Referensi
http://googleweblight.com/i?u=http://www.sumberpengertian.co/pengertian-standar-operasional-prosedur-sop&hl=id-ID
*Penutup
Sekian pembahasan dari saya,,mohon maaf apabila banyak kesalahan
Wassalamu’alaikum
Wr.Wb
Comments
Post a Comment