Skip to main content

Pengertian Internet,Sejarah Internet dan Jenis Jenis Koneksi Internet


Assalamu’alaikum wr.wb



A.Pendahuluan

Alhamdulillah kembali lagi dengan saya Rifqi priyadi,seperti biasa saya akan share tentang ilmu yang saya pelajari hari ini,hari ini saya akan membahas tentang pengertian internet,sejarah internet dan jenis jenis internet,dan sebelumnya saya ucapkan terimakasih kpd yang mengunjungi blog saya,semoga yang saya share hari ini bermanfaat J

B.Latar belakang

Istilah internet tentunya tidak asing lagi kita semua,bahkan hampir setiap hari kita memakainya,dan saat ini  hampir d seluruh dunia sudah memakai internet.

C.Tujuan

Memahami tentang pengertian internet,sejarah internet dan jenis jenis internet.

D.Waktu yang d butuhkan

4 jam

E.Hasil yang di dapatkan

Saya dapat memahami pengertian internet,sejarah internet dan jenis jenis internet

F.Pembahasan



Pengertian Internet



-Internet adalah suatu jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan komputer d seeluruh dunia.

-Internet adalah cara untuk menghubungan komputer ke komputer lain dimana saja di dunia melalui media penghubung internet.Ketika kedua komputer tersebut terhubung mereka bisa mengirim segala informasi seperti grafik,pesan teks,suara,video,atau pemograman komputer.



Sejarah Internet

  Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang di bentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969.Melalui proyek ARPA yang dii sebut ARPANET (Advanced Research Project Argency Network).

  Tujuan awal di bangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer.Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Departement of Defense) membuat system jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadinya serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat,yang apabila terjadi perang dapat mudah d hancurkan.

   Pada awalnya ARPANET terhubung ke 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute,Univrersity of California,Santa Barbara,University of Ultah,dimana mereka membentuk suatu jaringan terpadu pada tahun 1969,dan secara umum ARPANET di perkenalkan pada bulan Oktober 1972.Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah dan semua Universitas di Negara tersebut ingin bergabung sehingga ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

   Oleh sebab itu ARPANET di pecah menjadi dua, yaitu “MIILNET” untuk keperluan militer dan  ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non militer.



Jenis Jenis Koneksi Internet



1.Koneksi Internet Dial-up/Online:Jenis Koneksi internet Dial UP bia di sebut juga dengan shell Acount,Yaitu akun online pada ISP(Internet Service Provider).Penggunaan akun ini biasanya terbatas karena biaya rendah.akun Online ini telah banyak di sediakan instansi,yakni provider internet,layanan komersial,pemerintah atau lembaga non-profit.



2.Koneksi Internet SLIP/PPP:Jenis koneksi SLIP/PPP ini memiliki kecepatan transfer data akses data yang cenderung lebih cepat sehingga pengguna internet running program di internet dengann cepat dan tidak perlu mengirimkan satu persatu data dari modem.





3.Leased Line:Jenis koneksi ini merupakan jenis koneksi yang di sewakan yang perlu menggunakan TCP/IP pada suatu jaringan LAN



4.Koneksi Internet Kabel: Koneksi Internet Jenis ini biasa digunakan dengan cara menghubungkan perangkat agar terhubung internet dengan menggunakan kabel untuk TV kabel.



5.Koneksi Satelit:Pada suatu daerah yang sulit mendapatkan sinyal internet secara normal biasanya menggunakan koneksi satelit langsung,yaitu langsung bisa mengakses internet dengan memanfaatkan fasilitas satelit.



6.Koneksi ISDN: ISDN adalah singkatan dari Integrated Service Digital Network, koneksi jenis ini memanfaatkan sirkuit khusus pada saluran telepon yang berguna untuk mempercepat transfer data.



7.Wifi/Wireless Connection: Koneksi wireless tidak menggunakan kabel untuk mengakses internet wireless connection menggunakan glombang  radio berkecepatan tinggi dan juga memiliki radius jarak tertentu.



8.Web TV: Web Tv merupakan sebuah layanan email dan browsing web dengan memakai perangkat wifi pintar.



9.Jaringan GPRS: GPRS merupakan singkatan dari General Packets Radio Service dan bisa d gunakan pada telepon seluler untuk mengirim dan menerima data menggunakan gelombang radio.







G.Kesimpulan

Sejarah internet

-jadi awalnya internet bukan untuk kebutuhan sehari” melainkan untuk kebutuhan militer,karrena terus berkembang sekarang internet bisa d gunakan untuk apa saja

Jenis jenis koneksi internet

-jadi ada banyak yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan internet,seperti Internet Dial UP,wifi dan masih banyak lagi

H.Referensi


I.Penutup

Sekian penjelasan dari saya mohon maaf apabila banyak kesalahan ,semoga blog ini bermanfaat untuk yang membaca.



wassalamu’alaikum wr.wb

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa itu VTP??

A.Pendahuluan  Assalamu'alikum wr wb Seperti biasa saya akan membahas apa yang saya dapatkan hari ini yaitu tentang VTP. B.Latar belakang  Dengan VTP inikita bisa menghubungkan 2 VLAN yang berbeda Switch, tetapi masih tidak bisa terhubung antara VLAN ke VLAN yang lainnya. C.Maksud dan Tujuan  Memahami VTP. E.Alat dan bahan  Laptop dan jaringan internet F.Pembahasan VTP (VLAN Trunking Protocol) VTP (adalah) berguna untuk mengelola semua VLAN yang telah dikonfigurasi pada sebuah internetwork switch dan menjaga konsistensi diseluruh network tersebut. jenis jenis vtp  VTP Server VTP server adalah Switch yang dikonfigurasikan sebagai switch utama (gambar SW0) yang akan memberikan hasil konfigurasi switch ke switch lain yang menjadi VTP Client (SW1), sehingga SW1 tidak harus mengkonfigurasikan sendiri switch tersebut. Yang perlu dilakukan SW1 adalah menerima hasil konfigurasi dari VTP Server dan menyimpanya di NVRAM.  VTP Client VTP Client adalah switch in

Mengenal Bagian Bagian Domain

A.Pendahuluan  Assalamu'alaikum wr wb Seperti biasa saya akan membahas apa yang saya dapatkan hari ini yaitu tentang bagian bagian domain. B.Latarbelakang  Dalam mengakses suatu web dalam internet, diperlukan alamat ip address. karena orang sulit untuk menghafal ip address maka dibuatlah domain untuk mempermudah mengingat suatu alamat. C.Maksud dan Tujuan  Agar tau bagian bagian Domain D.Waktu yang di butuhkan  20 Menit E.Alat dan bahan  Laptop dan Koneksi Internet F.Pembahasan  Domain adalah penulisan alamat yang menggunkan teks sehingga mudah di hafal oleh pengguna internet, domain juga memiliki banyak jenis nya.Untuk jenis jenisnya sebagai berikut :     .org : domain yang digunakan untuk suatu organisasi     .co.id : domain yang terdapat di negara indonesia     .edu : domain yang berisi tentang pendidikan atau edukasi     .com : domain komersial     .info : domain yang artikelnya berisi tentang informasi atau berita     .gov : domain yang terdapat p

Mengenal BASH dan ZSH

A.Pendahuluan   Assalamu'alaikum wr wb Seperi biasa saya akan membahasa apa yang saya dapatkan hari ini yaitu tentang BASH dan ZSH. B.Latar belakang  Bash adalah singkatan dari Bourne Again SHell, versi baru dari Bourne Shell yang dikembangkan oleh Steve Bourne. Bash ini adalah shell yang paling umum digunakan pengguna Linux. Z shell (Zsh) adalah sebuah Unix shell yang dapat digunakan sebagai login shell yang interaktif dan sebagai penerjemah perintah yang kuat untuk shell scripting. Zsh adalah Bourne shell yang disempurnakan dengan sejumlah besar perbaikan, termasuk penambahan beberapa fitur dari Bash, ksh, dan tcsh C.Maksud dan Tujuan  Untuk memahami BASH dan ZSH D.Waktu yang di butuhkan  20 Menit E.Alat dan Bahan  Laptop dan koneksi internet F.Pembahasan Apa Itu BASH ? Bash adalah singkatan dari Bourne Again SHell, versi baru dari Bourne Shell yang dikembangkan oleh Steve Bourne. Bash ini adalah shell yang paling umum digunakan pengguna Linux. Shell adalah