Skip to main content

Sistem Operasi


Assalamu’alaikum wr.wb

Pendahuluan

Alhamdulillah bertemu lagi dengan saya Rifqi Priyadi,seperti biasa saya akan embahas tentang IT,nah! Kali ini saya akan membahas tentang Sistem Operasi,dan terimakasih kepada anda yang telah mengunjungi blog saya,semoga bermanfaat .

Sistem operasi telah membawa perubahan dalam kehidupan kita seiringnya waktu berjalan. Bayangkan, dulunya yang hanya perintah menggunakan teks sekarang tinggal diklik ataupun di tombol. Dari awal diciptakannya komputer hingga perangkat mobile yang kita pegang saat ini terdapat sistem operasi yang mengalami upgrade tiap tahunnya

Maksud dan tujuan

-Memahami tentang Sistem Operasi



Sistem Operasi



A.Definisi Sistem Operasi

  Sistem Operasi adalah perangkat lunak system yang bertugas untuk melakukan control dan memanagement perangkat keras serta operasi” dasar system,termassuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program program pengolah kata dan peramban web.

  Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat luunak pada lapisan pertama yang di tempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan booting.

B. Sistem operasi saat ini

1). Windows.

   Winndows adalah salah satu system operasi yang merupakan media tatap muka antara mesin komputer dengan penggunanya.Windows dikembangkan oleh perusahaan besar bernama Microsoft yang di pimpin oleh Bill Gates.Banyak sekali versi versi yang dimiliki windows, Windows 10 (di rilis pada 29 juli 2015),Windows 8.1 (di rilis pada 18 oktober 2013),Windows 7 (dirilis pada 22 oktober 2009),Windows vista (di rilis pada 30 januari 2007),Windows xp (di rilis pada 25 oktober 2001), dan masih banyak versi” yang lainnya.



2).Mac OS

   Sama seperti Windows,Mac Os juga adlah sebuah system operasi yang di sebarkan oleh Apple inc.System operasi ini di sediakan untuk komputer Machintos.Mac Os juga memiliki banyak versi antara lain, Mac Os 10.13 (kode:”Hight Sierra” September 2017),Mac Os 10.12 (kode:”sierra” September 2016), dan masih banyak versi yang lainnya.



3).Unix

  Sama  seperti halnya windows dan Mac Os,Unix juga merupakan sebuah system operasi yang di awali oleh project multics(Multiplexed information and computing service) pada tahun 1965 American telephone and telegraph (AT dan  T), General Elektrik (IGE),dan Insitut Teknologi Massachussets, dengan biaya dari departemen pertahanan Amerika (Departemen of Defence  Advanced Research project DPRPA atau ARPA).Linux merupakan Sistem Operasi yang di adopsi dari unix dan tersedia secara bebas dan tersedia secara bebas dan mendapat popularitas sebagai alternatif daari system operasi proprietary seperti Ms Windows.





Macam Macam Sistem Operasi



1).Sistem Operasi Stand Alone

   Maksudnya stand alone di sini adalah system operasi tersebut lengkap,bisa berdiri sendiri dan bisa d gunakan ntuk single user atau multi user,dan memiliki fitur” tertentu contoh SO ini adalah Mac Os,Windows dan linux



2).Sistem Operasi Jaringan

   Sistem operasi jaringan merupakan sebuah system operasi yang d khususkan untuk menangani jaringan.Fungsi dan system operasi jaringan sangat banyak  diantaranya yaitu memungkinkan pengguna untuk berbagi berkas,penggunaan alat pencetak (printer) bersama”,DNS service,HTTP service, dan lainnya..



3).Sistem Operasi Embedded

   Embedded kalau d artikan adalah di tanamkan,berarti  system operasi embedded adalah system operasi yang tertanam dalam komputer dan hanya d program untuk melaksanakan program tertentu yang spesifik.

4).Sistem Operasi Live CD

  Sistem Operasi yang tersimpan d bbootable CD atau VCD dan dapat langsung di jalankan tanpa harus menginstal secara permanen,SO ini memiliki kapasitas yang ringan,kira” d bawah ukuran CDnya dan hanya memiliki fitur yang terbatas







Kesimpulan

-sistem operasi adalah sebuah system yang melakukan contro dan managemen ke perangkat keras  serta operasi “ dasar system,termasuk menjalankan perangkat lunak seperti aplikasi.



Referensi


https://hidupsimpel.com/macam-macam-sistem-operasi



Sekian dari saya mohon maaf apabila banyak kesalahan



Wassalamu’alaikum wr.wb

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu VTP??

A.Pendahuluan  Assalamu'alikum wr wb Seperti biasa saya akan membahas apa yang saya dapatkan hari ini yaitu tentang VTP. B.Latar belakang  Dengan VTP inikita bisa menghubungkan 2 VLAN yang berbeda Switch, tetapi masih tidak bisa terhubung antara VLAN ke VLAN yang lainnya. C.Maksud dan Tujuan  Memahami VTP. E.Alat dan bahan  Laptop dan jaringan internet F.Pembahasan VTP (VLAN Trunking Protocol) VTP (adalah) berguna untuk mengelola semua VLAN yang telah dikonfigurasi pada sebuah internetwork switch dan menjaga konsistensi diseluruh network tersebut. jenis jenis vtp  VTP Server VTP server adalah Switch yang dikonfigurasikan sebagai switch utama (gambar SW0) yang akan memberikan hasil konfigurasi switch ke switch lain yang menjadi VTP Client (SW1), sehingga SW1 tidak harus mengkonfigurasikan sendiri switch tersebut. Yang perlu dilakukan SW1 adalah menerima hasil konfigurasi dari VTP Server dan menyimpanya di NVRAM.  VTP Client VTP Client adalah switch in

Mengenal Bagian Bagian Domain

A.Pendahuluan  Assalamu'alaikum wr wb Seperti biasa saya akan membahas apa yang saya dapatkan hari ini yaitu tentang bagian bagian domain. B.Latarbelakang  Dalam mengakses suatu web dalam internet, diperlukan alamat ip address. karena orang sulit untuk menghafal ip address maka dibuatlah domain untuk mempermudah mengingat suatu alamat. C.Maksud dan Tujuan  Agar tau bagian bagian Domain D.Waktu yang di butuhkan  20 Menit E.Alat dan bahan  Laptop dan Koneksi Internet F.Pembahasan  Domain adalah penulisan alamat yang menggunkan teks sehingga mudah di hafal oleh pengguna internet, domain juga memiliki banyak jenis nya.Untuk jenis jenisnya sebagai berikut :     .org : domain yang digunakan untuk suatu organisasi     .co.id : domain yang terdapat di negara indonesia     .edu : domain yang berisi tentang pendidikan atau edukasi     .com : domain komersial     .info : domain yang artikelnya berisi tentang informasi atau berita     .gov : domain yang terdapat p

Mengenal BASH dan ZSH

A.Pendahuluan   Assalamu'alaikum wr wb Seperi biasa saya akan membahasa apa yang saya dapatkan hari ini yaitu tentang BASH dan ZSH. B.Latar belakang  Bash adalah singkatan dari Bourne Again SHell, versi baru dari Bourne Shell yang dikembangkan oleh Steve Bourne. Bash ini adalah shell yang paling umum digunakan pengguna Linux. Z shell (Zsh) adalah sebuah Unix shell yang dapat digunakan sebagai login shell yang interaktif dan sebagai penerjemah perintah yang kuat untuk shell scripting. Zsh adalah Bourne shell yang disempurnakan dengan sejumlah besar perbaikan, termasuk penambahan beberapa fitur dari Bash, ksh, dan tcsh C.Maksud dan Tujuan  Untuk memahami BASH dan ZSH D.Waktu yang di butuhkan  20 Menit E.Alat dan Bahan  Laptop dan koneksi internet F.Pembahasan Apa Itu BASH ? Bash adalah singkatan dari Bourne Again SHell, versi baru dari Bourne Shell yang dikembangkan oleh Steve Bourne. Bash ini adalah shell yang paling umum digunakan pengguna Linux. Shell adalah